NAMA PELAJARAN : BAHASA ARAB
FASE : D ( VII )
GURU PENGAMPU : RIRIN ERA LISTIYA, S.Pd.I
MATERI : DZORFUL MAKAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Peserta didik mampu mendengarkan komponen bahasa seperti fonem, kata, intonasi, penanda wacana tentang topik perkenalan, keluargaku, hobiku, rumahku, nama-nama buah, warna, peralatan sekolah, seragam, alat transportasi, alat rumah tangga, dan pemandangan alam dengan pola kalimat:
ูุฐุงุ ูุฐูุ ุฐููุ ุชููุ ู ุงูุฐุงุุ ู ุงูุฐูุุ ู ุง ุฐููุ ู ุง ุชููุ ู ู ูุฐุงุุ ู ู ูุฐูุุ ู ู ุชููุ ู ู ุฐููุุ untuk membedakan komponen bahasa dari teks yang didengar.
Tujuan Pembelajaran :
โค๏ธ Peserta didik mampu mengetahui apa saja Isim istifham dan apa itu istifham.
Pertanyaan Pemantik :
Maa Ma'na dhorof makan?
Dhorof Makan (ุธูุฑููู ุงููู ูููุงูู)
Dhorof Makan (ุธูุฑููู ุงููู ูููุงูู)
Dharaf Makan adalah isim (kata benda) kata keterangan tempat yang dibaca nashab dengan memperkirakan makna ููู (di/pada) yang menerangkan di mana kejadian berlangsung. Berikut beberapa isim dhorof makan yang memperkirakan makna ููู, diantaranya;
ยง ุงูู
ูุงู
ู (di depan) | ยง ุฎููููู (di belakang) |
ยง ููุฑูุงุกู (di belakang) | ยง ุนูููุฏู (di samping) |
ยง ูููููู (di atas) | ยง ุญููููู (di sekitar) |
ยง ุชูุญูุชู (di bawah) | ยง ุฌูุงููุจู (disamping) |
ููุตูููุญู ุงูุจููููู ุฌููููุงููุชููู ุงูู
ูุงู
ู ุงููุจูููุชู = Ayahmu memberbaiki ponselnya di depan rumah
ููุถูุนู ุนูุซูู
ูุงูู ุงููุฃูุฎูุฐูููุฉู ุชูุญูุชู ุงููุฎูุฒูุงููุฉู = Utsman meletakkan sepatu-sepatu di bawah lemari
ุฌูุงููุจู ุงูุฏููููุฑูุฉู ุดููููุฉู ููุญูุฏูููููุฉู = Di samping tempat kursus tempat tinggal dan taman
Tidak ada komentar:
Posting Komentar